Efek

Selasa, 09 September 2014

PEMANFAATAN ANIME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Oleh Hesti Kurnianingsih, S. Pd
MTsN Sampit
Perkembangan dunia teknologi informasi sudah sangat pesat dewasa ini. Berbagai kemudahan bisa ditemukan hanya dengan meng-klik atau mengetik apa yang kita inginkan di internet. Bahkan perbedaan bahasa tidak menjadi halangan untuk mendapat informasi yang lengkap karena sudah ada alat atau software penerjemah. Ketersediaan dan keragaman materi yang ada di internet inilah yang seharusnya bisa dimanfaatkan oleh guru untuk mengembangkan dan memperkaya pembelajaran di sekolah. Terutama guru-guru bahasa Inggris yang mendapat kemudahan dalam memahami isi informasi di berbagai website berbahasa Inggris. Adalah kenyataan bahwa bahasa Inggris dianggap sangat sulit bagi sebagian besar siswa di Indonesia. Nilai yang rendah, motivasi dan semangat siswa yang memprihatinkan merupakan tantangan yang harus dihadapi guru.
Untuk bisa menghadapi permasalahan ini, guru bisa memaksimalkan pemanfaatan internet untuk menunjang keberhasilan pembelajaran. Yang perlu diperhatikan adalah 1), tentunya guru harus menguasai teknologi informasi,2) guru bisa memilih media yang tepat dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan 3) media yang dipilih guru sesuai dengan minat siswa. Media yang sesuai dengan minat siswa akan meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pelajaran yang diberikan. Budaya populer yang tengah beredar di masyarakat juga bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Guru dituntut untuk tahu dan mengikuti informasi-informasi terbaru yang tengah diminati masyarakat terutama di kalangan pelajar. Hal ini akan membuat guru bisa menyesuaikan media yang akan dipakai dengan tujuan pembelajaran sehingga tidak ketinggalan jaman. Media yang dianggap kuno akan mengurangi ketertarikan siswa untuk mengikuti pelajaran.
Salah satu budaya populer yang berkembang di kalangan usia pelajar adalah Anime. Anime merupakan kartun Jepang yang biasanya diadaptasi dari Manga, komik Jepang yang memiliki gambar dan cerita yang khas (www.wikipedia.com). Anime merupakan singkatan dari kata Animation (animasi) dalam bahasa Jepang.  Anime telah merambah berbagai belahan dunia bahkan Amerika Serikat yang telah memiliki industri kartun yang kuat seperti Walt Disney. Gambar yang menarik serta cerita yang menegangkan dan terkadang sulit ditebak adalah daya tarik Anime. Indonesia sendiri tidak terlepas dari serbuan Anime. Naruto, Dragon Ball, Doraemon dan Shin-chan merupakan contoh-contoh anime yang terkenal di negara kita. Anime yang terkenal ini bisa dimanfaatkan guru bahasa Inggris sebagai media pembelajaran di kelas untuk meningkatkan ketertarikan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
Pemanfaatan anime sebagai media pembelajaran bahasa Inggris harus memperhatikan  beberapa hal berikut: 1) kemudahan bahasa yang digunakan, untuk pembelajaran bahasa Inggris, guru menggunakan English dubbed atau English subtitled anime,2) kesesuaian anime yang digunakan dengan materi yang disampaikan, 3) genre atau jenis anime yang diberikan sesuai dengan usia siswa serta 4) ketersediaan peralatan yang akan digunakan untuk memutar anime di kelas/laboratorium bahasa seperti LCD Projector, speaker dan komputer/ laptop.Guru bisa mencari anime yang diinginkan dengan mendownload video dari situs-situs penyedia video gratis seperti Youtube atau Goodanime.net. Contoh anime yang cukup baik untuk dipakai di dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah Naruto, Doraemon, Hakuoki Shinsengumi Kitan, Kobo-chan dan Astro Boy untuk anime berseri. Sedangkan untuk film lepas seperti Spirited Away, Howl’s Moving Castle dan Earthsea. Dengan tersedianya banyak anime di internet, guru juga mempunyai semakin banyak pilihan yang bisa digunakan untuk tercapainya tujuan pembelajaran.
Adapun manfaat  penggunaan anime dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah 1) gambar bergerak yang indah akan membuat siswa lebih tertarik, 2)penggunaan bahasa Inggris dalam anime biasanya singkat dan jelas sehingga siswa lebih mudah menangkap maknanya, 3) memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengenal budaya lain, tidak hanya budaya Jepang tetapi juga negara lain seperti pada Nobita dan Raja Matahari, 5) anime dengan English subtitled atau dubbed mudah dicari dan tidak memerlukan banyak biaya, dan 6) siswa mempunyai alternatif lain untuk belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.
Contoh penggunaan anime dalam pembelajaran bahasa Inggris adlah dalam pembelajaran mengenai Narrative Text. Guru memutarkan satu contoh anime dan meminta siswa untuk menceritakan kembali isi dari anime yang sudah mereka tonton. Anime yang sama bisa juga untuk mempelajari percakapan-percakapan yang tengah diberikan. Tokoh tokoh dalam anime akan membantu siswa mempelajari Descriptive Text. Siswa memberikan deskripsi atau ciri-ciri fisik berdasarkan penggambaran satu atau beberapa tokoh. Bisa juga untuk memberikan sifat-sifat tokoh anime tersebut menurut apa yang mereka mengerti. Masih banyak lagi contoh pemanfaatan anime dalam pembelajaran bahasa Inggris yang bisa dikembangkan sendiri oleh guru.
Ditengah semakin majunya teknologi dan perkembangan dunia modern, guru diharapkan mampu untuk mengembangkan kemampuan pedagogiknya dalam menghadapi permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran. Guru harus bisa menguasai teknologi dan memanfaatkannya untuk kepentingan pembelajaran. Contohnya penggunaan anime dalam pembelajaran bahasa Inggris yang membuat pelajaran bahasa Inggris lebih menyenangkan sehingga mengurangi stigma bahwa bahasa Inggris adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Dengan pemanfaatan teknologi informasi, guru juga bisa meningkatkan kemampuannya sendiri dan berwawasan lebih luas yang akan berdampak pada keberhasilan proses pembelajaran.




( picture from Hakuoki Hekketsu Roku)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar